Evaluasi Pengelolaan, JDIH Ombudsman Diskusi dengan JDIHN
Jakarta - Dalam rangka mengevaluasi pengelolaan, Tim Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Ombudsman RI menggelar diskusi dengan Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) di Hotel Manhattan, Jakarta pada Rabu (4/9/2024).
Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Organisasi Ombudsman RI, Esti Budiyarti menyampaikan bahwa JDIH Ombudsman merupakan Lembaga negara yang dalam 3 tahun terakhir berturut-turut berhasil masuk empat besar peringkat JDIH terbaik kategori Lembaga negara.
Menurut Esti, beberapa inovasi telah dilakukan JDIH Ombudsman untuk mempermudah pengunjung mendapatkan informasi hukum di Ombudsman RI. Di antaranya adalah fitur voice yang diperuntukkan bagi pengunjung website yang memiliki keterbatasan penglihatan (tuna netra).
Selanjutnya Esti berharap JDIH Ombudsman dapat menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain, seperti JDIHN dan Kemenkumham. Kerja sama yang diperlukan adalah website JDIH yang saling terhubung. Pengunjung JDIH Ombudsman dapat langsung mengunjungi JDIHN dan Kemenkumham serta sebaliknya.
"Melalui evaluasi kali ini saya berharap JDIH Ombudsman dapat lebih baik lagi sehingga dapat dimanfaatkan oleh sebanyak mungkin pengunjung," kata Esti.
Sementara itu, Kepala Pusat JDIHN, Jonny Pesta Simamora menyampaikan bahwa perlu pengecekan secara berkala mengenai sinkronisasi dengan JDIHN. "Terkadang hanya dilakukan saat akan penilaian saja," tukas Jonny.
Jonny mengapresiasi apa yang telah dicapai Ombudsman RI dalam mengelola JDIH sudah sangat baik. "Perbedaan nilai dengan peringkat di atasnya hanya sedikit," tukasnya. (NI)